Rabu, 17 September 2014

palangka raya

Kota Palangka Raya atau Palangkaraya adalah ibu kota dari propinsi kalimantan Tengah denga luas wilayah 2.400 km² dan berpenduduk sebanyak 220.962 jiwa dengan kepadatan penduduk rata-rata 92.067 jiwa tiap km² (hasil Sensus Penduduk Indonesia 2010). Sebelum otonomi daerah pada tahun 2001, Kota Palangka Raya hanya memiliki 2 kecamatan, yaitu: Pahandut dan Bukit Batu. Kini secara administratif, Kota Palangka Raya terdiri atas 5 kecamatan, yakni: Pahandut, Jekan Raya, Bukit Batu, Sebangau, dan Rakumpit.
Kota ini dibangun pada tahun 1957 (UU Darurat No. 10/1957 tentang Pembentukan Daerah Swatantra Tingkat I Kalimantan Tengah) dari hutan belantara yang dibuka melalui Desa Pahandut di tepi Sungai Kahayan. Palangka Raya merupakan kota dengan luas wilayah terbesar di Indonesia.[2] Sebagian wilayahnya masih berupa hutan, termasuk hutan lindung, konservasi alam serta Hutan Lindung Tangkiling.
Dengan banyaknya kemacetan lalu lintas di Jakarta, pada akhir bulan Juli dan awal Agustus 2010, muncul beberapa wacana untuk memindahkan Ibukota Indonesia ke Palangkaraya.[3][4] Luas Palangkaraya setara 3,6 x luas Jakarta.
itu dia sekilas info tentang kota kecintaan saya kota Palangka Raya kota yang sangat saya cintai walaupun sangat sepi kalau di bilang sebagai ibu kota profinsi. awal saya hidup di kota palangkaraya sejak saya berusia kurang lebih satu tahun karena populasi dan sulitnya mencari uang di pulau jawa bapak dengan cerdasnya memilih kota ini sebagai tempat menua pundi pundi uang 

 


hidup dan besar di kota ini membuat saya akrab dengan segala kebudayaan yang ada di kota ini. banyak tari- tarian khas dari kalimantan yang dapat saya pelajari disini sebut saya tari dedes tarian ini di gunakan untuk upacara- upacara adat atau pertunjukan biasa. di perlukan keahlian khusus untuk bisa memainkan tarian ini karen para penarinya akan memakai gelang yang beratnya lumayan lah sekitar 2-3 kilo satu gelang. masing-masing penari memakai 2-3 gelang di kanan dan kirinya bisa bayangin dong kalo kejepit di antara 2 gelang itu gimana sakitnya.
oleh karen itu di perlukan keahliah khusus untuk bisa menari dedes. 

selain tariannya kota palangkaraya juga punya rumah adat yang tidak kalah luar biasa

 foto yang di atas itu foto tugu paslawan tempatnya nongkrong anak anak muda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar